SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / DIRGAHAYU HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-77 TAHUN 2022, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi PCNU MUSI BANYUASIN ; pcnumuba.or.id
WAKTU :

H.M.Makki: Melaksanakan Upacara HSN di PP Al Hikmah Plakat Tinggi

Terbit 23 Oktober 2024 | Oleh : Admin PCNU Muba | 247 Views | Kategori : BERITA
H.M.Makki: Melaksanakan Upacara HSN di PP Al Hikmah Plakat Tinggi

pcnumuba.or.id-PlakatTinggi- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin H. Muhamad Makki,S.Ag,M.Pd.I didampingi Imam Irfa’i,S.Kom.I (Sekretaris PD IPARI  Muba) disambut meriah oleh para santri berebut salaman saat datang turun dimobil sebelum mengikuti upacara hari santri nasional tahun 2024 di lapangan Pondok Pesantren Al Hikmah Desa Cinta Karya Kecamatan Plakat Tinggi. Selasa, 22/10/2024.

Upacara yang dipimpin langsung H.Muhamad Makki ini berlangsung lancar dan khidmat.

Peringatan hari santri nasional tahun 2024 ini mengangkat tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan,”. Kakankemenag Muba H.  Makki yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan pesan pidato dari Menteri Agama.

saat membacakan sambutan Menteri Agama mengatakan bahwa momentum Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan pengingat akan peran historis para santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah. Salah satu buktinya adalah peristiwa Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari,” ujar H.Makki mengutip sambutan Menteri Agama

Lebih lanjut, H.Makki menekankan bahwa tema tahun ini terinspirasi dari kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang mengajarkan bahwa seorang santri memiliki tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai.

“Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern,” jelasnya.

Dalam sambutannya, dijelaskan pula bahwa jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan mengangkat senjata, maka santri masa kini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan mengangkat pena.

Santri juga didorong untuk percaya diri karena telah terbukti mampu menduduki berbagai posisi strategis di negeri ini.

“Kita memiliki bukti nyata bahwa santri bisa menjadi apa saja. Mulai dari presiden seperti KH. Abdurrahman Wahid, wakil presiden seperti KH. Ma’ruf Amin, hingga berbagai posisi penting lainnya di pemerintahan dan dunia usaha,” tambah H.Makki.

Kepada para santri, H.Makki menyampaikan pesan khusus dari Menteri Agama untuk terus mengembangkan diri.

“Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia,” tegasnya seraya mengingatkan prinsip pesantren “man jadda wajada” – siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran Pengurus Pondok Pesantren Al Hikmah, Ketua Pengurus Daerah IPARI Kabupaten Muba, Kepala KUA Plakat Tinggi dan Ibu muslimat NU.

SebelumnyaKH.Muflikhul Hasan Hadiri HSN di PP Sultan Mahmud Badaruddin Palembang.

Berita Lainnya

0 Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.