SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / DIRGAHAYU HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-77 TAHUN 2022, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi PCNU MUSI BANYUASIN ; pcnumuba.or.id
WAKTU :

LK-NU (Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama)

674 Views
NO NAMA TUGAS/JABATAN
LK-NU (Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama)

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama disingkat LKNU, bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama di bidang kesehatan.

Nahdlatul Ulama (NU) adalah sebuah organisasi islam terbesar di Indonesia, dengan jumlah anggota lebih dari 90 juta jiwa. Organisasi ini berdiri pada tanggal 31 Januari 1926, dengan fokus utama dalam bidang keagamaan, sosial, Kesehatan, Pendidikan dan ekonomi.

Nahdlatul Ulama (NU) dibangun dengan empat prinsip nilai, yaitu tawassut (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (harmoni), dan I’tidal (konsisten). Prinsip ini terwujud dalam sikap menghargai nilai-nilai tradisi (konsisten). Prinsip ini terwujud dalam sikap menghargai nilai-nilai dan tradisi  serta budaya sendiri dengan penyesuaian diri terhadap perubahan zaman serta menghargai kemanusiaan. Sebagai organisasi social keagamaan, Nahdlatul Ulama bertujuan untuk melaksanakan ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (Aswaja) an-Nahdliyah untuk membawa kedamaian dan kesejahteraan bagi anggotanya serta masyarakat Indonesia pada umumnya. Salah satu departemen yang dimiliki oleh NU adalah Lembaga Kesehatan NU (LKNU) yang bertanggung jawab untuk melaksanakan program kesehatan. Sebagai bentuk kepedulian LKNU terhadap masalah kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) adalah Lembaga dibawah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bidang kesehatan yang dibentuk pada 1998. sebagai Lembaga dibawah PBNU, LKNU menjalankan empat prinsip dasar tersebut dan mengemban mandate utamanya dengan menjalankan program kesehatan bagi nahdliyin dan masyarakat luas serta siap bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang menjalankan nilai-nilai kemanusian.

Program utama LKNU adalah memperkuat layanan kesehatan NU, penelitian, dan pengelolaan program kesehatan. Sejak berdirinya, LKNU telah mendapat kepercayaan dari berbagai donor untuk mengelola program kesehatan dengan focus utama mobilisasi masyarakat dan Advokasi. Pengalaman LKNU dalam mengelola program, diantaranya adalah pengelola dan pelaksana dan hibah The Global Fund AIDS, Tuberculosis and Malaria (The GF-ATM) untuk project HIV, Tuberculosis, Malaria serta Diabetes Melitus (DM) kesepakatan kerjasama dengan World Diabetes Foundation (WDF) untuk melakukan program meningkatkan kesadaran masyarakat terkait Diabetes Mellitus, serta beberapa program kesehatan lainnya yang berkaitan dengan perubahan perilaku dan kesehatan masyarakat.

Selama mengelola program kesehatan, LKNU membangun relasi yang baik dengan mitra utama, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan juga mitra lainnya dari kementrian terkait, organisasi profesi, Civil Society Organization (CSO), lembaga internasional seperti; WHO, Unicef, UNFPA dan lembaga donor.

SebelumnyaLF-NU (Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama) SesudahnyaLTM-NU (Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama)