SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / DIRGAHAYU HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-77 TAHUN 2022, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi PCNU MUSI BANYUASIN ; pcnumuba.or.id
WAKTU :

ADA APA DI MALAM NISFU SYA’BAN ?

Terbit 7 Maret 2023 | Oleh : admin@pcnumuba | 40036 Views | Kategori : Nisfu Sya'ban
ADA APA DI MALAM NISFU SYA'BAN ?

Prof Dr. Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki Al Hasani mengungkap tentang Malam Nisfu Sya’ban yang memiliki nama-nama luar biasa. Patut sekali umat Islam memahaminya.

Berikut ini keterangannya :

Laylah Mubarakah/ ليلة المباركة  (malam penuh bekah), 

Artinya malam nisfu sya’ban itu memiliki keberkahan tersendiri. Karena di malam tersebut, jutaan malaikat turun ke bumi guna membersamai, memohonkan ampunan dan menjadi saksi bagi manusia.

Laylah al-Qismah / ليلة القسمة  (malam pembagian), 

Artinya bahwa di malam nisfu Sya’ban semua rejeki dan takdir ditentukan Allah dan dibagikan kepada setiap makhluk-Nya untuk setahun kedepan.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pada malam nisfu sya’ban juga ditentukan pula rejeki, jodoh, pernikahan maupun kelahiran seorang anak.

Laylah at-takfir /ليلة التكفير (malam penghapusan dosa), 

Artinya bahwa di malam nisfu sya’ban semua dosa manusia selama satu tahun yang berlalu akan diampuni Allah Ta’ala sebab kebaikan yang dilakukan oleh hamba-Nya di malam ini (malam nisfu Sya’ban)

Laylah al-Ijabah / ليلة الاجابة (malam keterkabulan doa), 

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Umar diinformasikan bahwa ada lima malam dimana doa-doa yang dipanjatkan akan terkabulkan;
(1) malam Jumat, (2) malam pertama bulan Rajab, (3) malam nisfu sya’ban, (4) malam lailatul qadar dan (5) malam dua hari raya; idul fitri dan idul adha.

Laylah al-Hayat wa ‘iedul malaikat / ليلة الحياة وليلة عيد الملايكة  (malam kehidupan dan hari raya malaikat); 

Sebagaimana hari raya bagi umat Islam, malaikat juga memiliki dua hari raya yakni malam lailatul qadar dan malam nisfu sya’ban

Laylah As-Syafaah / ليلة الشفاعة  (malam syafaat),

Abu Hakim An-Naisaburi menamakan malam nisfu sya’ban adalah malam diberikannya syafaat atau pertolongan umat nabi Muhammad shalallahu Alaihi Wasallam.

Laylah Al-baraah wa laylah as-Shakki / ليلة البراءة وليلة الصكّ  (malam pembebasan),

Dinamakan dengan malam kebersihan, karena di malam ini orang-orang mukmin dibersihkan dari dosa dengan mendapatkan ampunan-Nya.

Laylah al-Jaizah/ ليلة الجاءزة  (malam hadiah), 

Al Imam Taqiyuddin as-Subki menamakan malam nisfu Sya’ban sebagai malam rahmat Allah yang  dihadiahkan kepada orang-orang mukmin.

Laylah al-Ghufran wal itqi minan niran / ليلة الغفران  (malam ampunan ),

Di malam Nisfu Sya’ban orang-orang beriman akan mendapatkan ampunan dan pembebasan dari api neraka.

——————-

Kitab :  Madza fi Sya’ban
Karya : Prof. Dr.Abuya Sayyid Muhammad bin ‘Alawi al-Maliki al Hasani.

Inframe: Abuya Sayyid Maliki, Kiyai Idris Marzuki Lirboyo, Kh Abdullah Faqih Langitan, Gus Ali Mashuri Tulangan, Kiyai Hasyim Muzadi, dan Sayyid Abbas Almaliki.

Semoga kita senantiasa mendapat Ridlo dari Allah, Syafaat dari Rasullullah, Karomah para Waliyullah, Barokah para Kiai dan Habaib serta wasilah doa orang tua kita, Amin…

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

SebelumnyaUkuran Nikmat

Tausiyah Lainnya