SEKILAS INFO
  • 4 bulan yang lalu / DIRGAHAYU HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-77 TAHUN 2022, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi PCNU MUSI BANYUASIN ; pcnumuba.or.id
WAKTU :

Guru BK Sebagai Sahabat Siswa dan pembimbing Masa Depan Siswa

Terbit 23 Agustus 2022 | Oleh : Admin PCNU Muba | 3673 Views | Kategori : BERITA
Guru BK Sebagai Sahabat Siswa dan pembimbing Masa Depan Siswa
Oleh: Imam Irfa’i, S.Kom.I (Guru BK SMPN 1 Babat Toman)

Guru bimbingan konseling adalah seorang guru yang bertugas memberikan bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan professional sehingga seorang guru BK (Bimbingan Konseling) harus berusaha menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup. Bimbingan dan konseling bagi siswa di sekolah sudah menjadi tugas guru BK sehari-hari. Namun peran guru BK tak hanya menangani masalah siswanya saja, melainkan juga mengarahkan minat dan bakat siswanya dalam menentuan masa depannya. Sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi siswa itu sendiri baik di dalam maupun di luar sekolah.

Tugas guru BK selalu identik dengan mengurusi hal-hal atau permasalahan negatif siswa. Inilah yang menjadi kesan dan juga seringkali kerap dianggap  menyeramkan oleh sebagian siswa saat melihat guru BK. Bagi saya pribadi hubungan guru BK (Bimbingan Konseling) dengan siswanya itu tidak hanya sekedar sebatas antara guru dengan siswa saja, namun juga seperti sahabat, hal ini dikarenakan karena hampir setiap harinya guru BK bertemu dengan siswa dan waktu kegiatan siswa di sekolah jika ada permasalahan maupun tidak ada permasalahan selalu berhubungan dengan guru BK, sehingga terkadang tidak sedikit siswa mengalami masalah baik di dalam maupun di luar sekolah. Bahkan setelah pulang sekolah pun siswa bisa berkomunikasi dengan guru BK secara pribadi melalui media smartphone dengan platform aplikasi WA.

Guru BK menjadi tempat penampung semua curhatan siswanya di sekolah baik itu masalah luar maupun dalam, baik itu bersifat privasi maupun tidak. Apalagi ada beberapa siswa yang cenderung dari keluarga yang kurang mampu dan kurang perhatian atau keluarga broken maka siswa tersebut kebanyakan tempat pelariannya adalah guru BK, disini mereka bisa menceritakan banyak hal yang ingin dibicarakan tentang permasalahannya.

Di sinilah tugas atau peran guru BK sebagai sahabat siswa di sekolah karena tugasnya tidak hanya membimbing siswa yang bermasalah saja namun membimbing siswa yang tidak bermasalah serta juga sebagai tempat curhat bagi siswanya. Guru BK juga tidak  hanya harus mendengarkan apa saja yang diceritakan siswanya ketika curhat namun juga harus bisa mencari solusi maupun masukan ketika proses konseling, sehingga siswa merasa tenang dan nyaman ketika curhat dengan guru BK. Bahwa dengan melalui sinergi antara guru BK dan siswa mampu menghapus image bahwa guru BK sebagai polisi sekolah.

Sekolah bukan hanya berfungsi memberikan ilmu pengetahuan saja. Akan tetapi di dalam sekolah juga merupakan wadah untuk mengembangkan karakter, kepribadian dan juga potensi yang dimiliki siswanya. Guru BK juga memiliki fungsi utama dalam mengarahkan pengembangan karakter, kepribadian dan juga potensi para siswanya yaitu, dengan cara memotivasi dan juga memberikan masukan-masukan bagi para siswanya agar mau berkembang secara mandiri. Selain itu dalam pembentukan karakter, kepribadian, dan potensi diri siswa maka Guru BK harus bisa selalu mendisiplinkan siswanya, agar patuh dan taat terhadap peraturan.

Siswa saat ini ketika mendapatkan masalah curhatnya sering ke media sosial ataupun dengan teman sebayanya. Guru BK menjadi peran penting di sekolah, yaitu salah satunya sebagai sahabat siswanya, sahabat yang siap untuk mendengarkan curhatan sahabatnya dan membenarkan yang salah serta membimbing, menunjukkan dan mengarahkan sahabatnya untuk melangkah ke jalan yang lebih benar untuk masa depannya. Oleh karena itu agar sahabatnya tidak salah  melangkah, sebagai guru BK perlu memiliki pemahaman yang berkompenten agar dapat mengenali siswanya dengan baik dan dapat membimbing masa depan siswanya dengan benar dan tepat.

Seorang Guru BK yang baik adalah guru BK yang tidak hanya memposisikan dirinya sebagai seorang pembimbing, akan tetapi juga dapat memposisikan dirinya sebagai sahabat untuk sisiwanya. Sahabat yang mungkin bisa dibilang selalu ada disaat siswanya selalu membutuhkan. Masing-masing dari siswa pasti memiliki karakter, kepribadian dan potensi yang berbeda serta beragam masalah yang berbeda juga. Dari sinilah guru BK mulai menjalankan perannya sebagai sahabat siswa, dimana guru BK dapat memahami karakter, kepribadian dan potensi siswanya yang berbeda-beda dan mendengar serta memberi solusi atas masalah yang dihadapi.

Ketika seorang Guru BK menjadi sahabat siswa tentu tidak hanya dengan selalu mendengarkan curhatan atau keluh kesahnya, akan tetapi guru BK juga harus bisa mendorong pribadi siswanya agar bisa menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi. Sebagai seorang guru BK yang berperan sebagai pembimbing sekaligus sahabat untuk siswanya, guru BK juga menjadi suatu sosok yang paling dinantikan dan dirindukan siswa nya karena kesabarannya dan bijaksanaannya dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi siswanya.

Sebagai guru BK seharusnya kita dapat menyayangi dan memahami karakter serta kepribadian siswanya karena didalam diri mereka semua mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Sehingga sebagai guru BK juga harus bisa menempatkan diri kapan bisa menjadi sahabat untuk siswanya dan kapan menjadi guru BK yang harus dihormati dan didengar bimbingannya, maka harus bisa ikhlas mendengar setiap curhatan atau keluh kesah siswanya dan memberikan siswanya dorongan serta motivasi dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi.

Oleh karena itu, peran guru BK tidak hanya sebagai pembimbing dan teladan dari siswanya, akan tetapi guru BK juga harus bisa mampu menjadi seorang sahabat bagi siswanya. Sahabat yang selalu ada ketika siswanya membutuhkannya baik ketika curhat maupun konsultasi.

Guru BK tidak hanya menjadi seorang guru BK yang harus selalu ditakuti siswanya namun juga harus bisa menjadi sahabat bagi siswanya yang selalu siap dalam menanggapi segala masalah dan prestasi yang dimiliki siswanya, jadi tidak hanya pada sisi kesalahan siswa saja atau ketika mempunya masalah saja yang ditangani oleh guru BK, namun siswa yang berprestasipun juga bisa dibimbing dengan baik, sehingga siswa tersebut bisa sharing prestasi yang dimilikinya agar dapat menjadi lebih baik dan lebih berkembang dimasa depan. Disinilah peran guru BK sebagai Sahabat Siswa dan sebagai pembimbing masa depan siswa.

SebelumnyaKH. Muhammad Jazuli Menghadiri Kegiatan Moderasi Beragama SesudahnyaMWC NU SANGA DESA RESMI DIKUKUHKAN

Berita Lainnya

1 Komentar

Topani Sahara, Rabu, 24 Agu 2022

Mantap Yai…

Balas

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.