SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / DIRGAHAYU HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-77 TAHUN 2022, PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi PCNU MUSI BANYUASIN ; pcnumuba.or.id
WAKTU :

Masyarakat Muba Disuguhkan Banyak Pilihan

Terbit 26 Mei 2024 | Oleh : Admin PCNU Muba | 3337 Views | Kategori : BERITA
Masyarakat Muba Disuguhkan Banyak Pilihan

Oleh : Amril Nurman
Komisioner KPU Musi Banyuasin periode 2019 – 2024

Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, memiliki luas wilayah 14.550,79 km^2 atau sekitar 15% dari luas wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Menjadikan Kabupaten Musi Banyuasin sebagai salah satu Kabupaten padat penduduk yang tersebar di 15 Kecamatan.

Kabupaten yang beribukota di Sekayu ini terdiri dari 242 desa dan kelurahan. Pada pemilu 2024 yang baru saja terjadi tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024, Kabupaten Musi Banyuasin terbagi menjadi 7 Daerah Pemilihan (dapil) dengan jumlah mata pilih 488.330 mata pilih, yang tersebar di 1958 tps dengan jumlah total anggota DPRD terpilih dari semua dapil sebanyak 45 kursi.

Sesuai dengan PKPU No 2 tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, maka tahapan pemungutan suara akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 27 November 2024. Sedangkan tahapan pendaftaran pasangan calon pada tanggal 27 Agustus – 29 Agustus tahun 2024.

Kendati masih kurang lebih 3 bulan lagi, namun nama-nama beken Calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin sudah berseliweran ditengah masyarakat. Dengan kecanggihan teknologi dan berkembangnya media sosial masyarakat bisa dengan cepat menerima informasi dari berbagai platform media. Berbagai media sudah mempublis deretan nama besar yang akan maju pada panggung Pilkada Musi Banyuasin mendatang.

Bukan hanya dari kalangan Politisi, bahkan pengusaha dan birokrasi pun turut ambil bagian dalam Pilkada Muba. Sungguh sesuatu yang begitu segar untuk masyarakat Muba.

Bicara soal Kandidat, ada yang unik dan terbilang langka kali ini, dimana salah satu Bakal Calon Bupati Musi Banyuasin yang sudah mantap maju pada Pilkada Muba adalah seorang Putri Muba yang rekam jejaknya tidak usah di ragukan lagi. Dia adalah Ketua PKK Muba Periode 2009-2014, Ibu Ir. H. Lucyanti. SE adalah tokoh perempuan berkarisma dan memiliki segudang pengalaman dalam berpolitik. Bagaimana tidak, Ibu Lucy yang akrab di sapa sehari-hari ini sudah berkarir di dunia politik sebagai Anggota DPRD Provinsi selama 2 Periode dari Partai Amanah Nasional ( PAN ). Bahkan beliau juga saat ini menjadi Pimpinan Partai Politik yang sedang naik daun yaitu Partai Kebangkitan Nasional ( PKN ).

Kemudian muncul nama besar yang sangat akrab di telinga masyarakat Muba, beliau adalah seorang politisi yang sudah aral melintang di panggung politik Muba. Beliau adalah Wakil Bupati Musi Banyuasin 2 Periode, dan Ketua DPC Partai Demokrat Indonesia Perjuangan ( PDIP ) Muba, Tak lain adalah Beni Hernedi, S.IP.

Pengabdian beliau kepada masyarakat Muba sudah terbukti, dimana Kuyung Beni yang begitu gemar memancing ini telah mendampingi Bupati Muba Alm. Fahri Azhari dan Dodi Reza Alex dalam memimpin Musi Banyuasin. Beliau telah menorehkan banyak prestasi untuk kemajuan Musi Banyuasin. Putra daerah Musi Banyuasin yang lahir dan besar di Desa Tanah Abang Kecamatan Batang Hari Leko ini salah satu politisi yang dikenal millenial. Tentu titel ini tak begitu saja disematkan masyarakat Muba, hal ini karena beliau sangat aktif bermedia sosial dan kerap tampil di berbagai kegiataan kepemudaan.

Kemudian Sugondo, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Musi Banyuasin sudah mendedikasikan diri di dunia politik dari Partai Golongan Karya (Golkar). Karir politik nya pun cukup cerah, berkarir sebagai anggota DPRD Muba selama 4 periode. Putra daerah Bayung Lencir ini terkenal sangat hangat dan ramah kepada masyarakat. Sugondo telah melakukan banyak hal untuk pembangunan Musi Banyuasin khususnya di Daerah Pemilihannya di Bayung Lencir.

Tidak hanya Kalangan Politisi, ternyata Pilkada Muba juga dilirik oleh Kalangan Pengusaha, sebut saja M. Toha Tohet adalah seorang Putra daerah Muba yang lahir dan besar di Desa Sungai Angit Kecamatan Babat Toman. Nama M. Toha sudah tak asing bagi masyarakat Muba terkhusus di kalangan pengusaha. Bergelut di dunia usaha sejak lama, membuat M. Toha berhasil membuat Desa Sungai Angit yang dulunya adalah salah satu desa tertinggal kini menjadi desa yang mandiri dan makmur. Berkat tangan dinginnya dalam membangun usaha, M. Toha berhasil membawa sebagian masyarakat Muba keluar dari garis kemiskinan.

Perusahaan yang ia dirikan dari nol ini kini dikenal dengan nama PT. TOPSA. Dalam usahanya M.Toha selalu berusaha untuk memberdayakan penduduk lokal dan membuka lapangan pekerjaan untuk ratusan penduduk di Musi Banyuasin. Memanfaatkan keberhasilan usahanya untuk membantu mendongkrak perekonominan warga. Ini tentu sebuah prestasi di bidangnya yang membuat nama M. Toha kemudian muncul sebagai salah satu kandidat Calon Bupati Muba yang telah mengembalikan formulir pendaftaran di berbagai Partai Politik.

Belum selesai sampai disitu, ada lagi dari kalangan Birokrasi yang nampaknya berminat untuk melenggang di panggung Pilkada Muba. Adalah Apriyadi, S.Sos seorang Putra Muba yang lahir dan besar di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Lawang Wetan, Muba. Kiprah beliau sebagai seorang birokrat berderet prestasi nan gemilang. Memulai karir nya sejak tahun 1992 sebagai Kepala Desa Pematang Palas, Banyuasin I Kabupaten Banyuasin, kemudian di tahun 2000 di angkat menjadi Kepala Bagian Kesra dan Perekonomian Kabupaten Muba hingga tahun 2009.

Panggilan untuk mengabdi di Musi Banyuasin berlanjut di tahun 2010 di percaya sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Muba. Karir birokrasi Apriyadi berlanjut hingga diamanahkan menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2012. Berkat ketekunannya dalam menjalankan pekerjaan dan pengabdian yang dilakukan dengan tulus, karir birokratnya melesat hingga dipercayakan menjadi Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan.

Melihat rekam jejak birokrasi Apriyadi yang gemilang, Provinsi Sumsel menunjukkannya sebagai Penjabat Bupati Pali tahun 2015-2016. Tetapi Muba kembali memanggilnya, Apriyadi lantas menjabat sebagai Sekda Muba pada tahun 2017-2022. Berkat kegigihannya yang tak kenal lelah untuk Kabupaten Muba, Apriyadi kembali mendapat kepercayaan menjabat sebagai Penjabat Bupati Muba tahun 2022-2024.

Dereta nama besar ini merupakan putra dan putri terbaik Musi Banyuasin yang sangat berprestasi, berpengalaman dan memiliki tujuan yang mulia untuk kemajuan Musi Banyuasin 5 tahun mendatang. Sebagai masyarakat kita berhak memilih pemimpin yang terbaik menurut kita. Semua kandidat sudah terbukti dalam mengabdikan dirinya untuk Kabupaten kita tercinta. Mari kita memilih dengan sepenuh hati, memilih pemimpin yang terbaik dari yang terbaik. Karena pemimpin pilihan kita akan menentukan nasib Kabupaten Muba.

SebelumnyaMTQ Korpri 2024 Sumsel, 4 Peserta Kemenag Muba Juara SesudahnyaSiti Muhajirotin Nominator terbaik pada kategori Pendampingan Kelompok Rentan Penyuluh Award Sumsel 2024

Berita Lainnya

0 Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.